• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

BAHAGIAN KEMALUAN WANITA YANG TIDAK BOLEH DIUBAH

Vagina atau dikenal juga dengan sebutan Miss V merupakan organ intim yang selalu dilindungi dan dijaga oleh setiap perempuan. Meski begitu, ada fakta-fakta tertentu dari vagina yang tidak boleh diubah.

"Vagina merupakan rongga yang menghubungkan antara rahim dengan lingkungan luar, cara membersihkan cukup dengan dibilas dengan air bersih mengalir," ujar dr Amaranila Lalita.. Meskipun begitu ada beberapa fakta dari vagina ini yang tidak bisa diubah, yaitu:

1. Vagina mampu membersihkan diri sendiri secara alami Vagina umumnya sudah memiliki teknik sendiri dalam melindungi dirinyas, salah satunya adalah keluar cairan dari vagina. Pada kondisi normal, cairan bening dan tidak berbau yang keluar merupakan cara vagina untuk melumasi dinding vagina atau mengeluarkan benda asing yang masuk. "Jika ada sesuatu atau benda asing yang masuk, biasanya pada anak-anak maka vagina akan mengeluarkan cairan normal untuk membantu mendorong keluar. Ada yang keluar ada juga yang tidak dan menyebabkan infeksi," ujar doktor lulusan spesialis kulit dan kelamin FKUI. dr Nila menuturkan cairan yang keluar ini juga boleh menandakan jika lingkungan di vagina terlalu lembab atau kering yang membuat keseimbangan flora baik menjadi terganggu.

 2. Ukuran vagina akan membesar ketika dirangsang Saat berhubungan seksual, jika perempuan mendapatkan rangsangan yang baik dari pasangannya maka secara otomatik vagina akan membesar atau seringkali dikatakan vagina merekah. dr Nila mengungkapkan saat dirangsang vagina akan mengeluarkan cairan lubrikasi yang berfungsi melumasi dan melindungi dinding vagina sehingga ketika terjadi penetrasi tidak menimbulkan gesekan yang bisa memicu terjadinya iritasi.

3. Vagina menjadi kering dan keriput bila bertambah tua Ketika bertambah tua maka ada pengaruh hormonal yang boleh membuat vagina menjadi kering dan mudah terjadi iritasi, ini kerana produksi cairan vagina semakin berkurang. Selain itu bertambahnya usia juga membuat bakteria normal di vagina berkurang sehingga kemampuan untuk proteksi atau melindunginya juga menurun. Serta jika vagina kering dan terjadi iritasi maka sensasi pertama yang muncul adalah rasa gatal. "Vagina jadi keriput juga boleh bentuknya sepergi bergelombang-gelombang, tapi yang penting adalah vagina jadi kering. Ini boleh diatasi dengan mengalirkan air bersih atau jika ingin menggunakan produk tertentu carilah yang friendly dengan vagina dan tidak disarankan digunakan setiap hari," ujar dr Nila.

4. Bentuk vagina mengendur setelah melahirkan Jika seorang perempuan melahirkan secara normal atau melalui jalan lahir maka sudah tentu akan mempengaruhi bentuk dari vagina itu sendiri. Salah satunya adalah vagina menjadi sedikit longgar atau mengendur. Kondisi ini disebabkan oleh mengendurnya otot vagina setelah ia melahirkan. Meski begitu vagina yang mengendur ini sebenarnya boleh diperbaiki atau diatasi dengan melakukan senam vagina

No comments:

Follow p a a p a a d a by e-mail